Pengertian Sedimentasi Pada Proses Industri

Share it:
Sedimentasi didefinisikan sebagai suatu proses pemisahan suspensi sampai didapatkan fluida jernih dan lumpur padat dengan konsentrasi yang tinggi. Definisi ini masih terlalu luas karena definisi ini tidak menjelaskan tentang percepatan gravitasi, gaya gravitasi, percepatan sentrifugal, percepatan magnetik, atau elektrostatis, yang menyebabkan pemisahan. Definisi ini juga dapat memungkinkan timbulnya makna ganda apakah suspensi dalam bentuk gas atau dalam bentuk cairan. Disini sedimentasi terbatas oleh pengertian umum yaitu pengendapan padatan pada cairan.


Pemisahan lumpur atau suspensi dengan menggunakan pengendapan gravitasi sampai didapatkan cairan jernih dan lumpur dalam bentuk padatan. Kegunaan sedimentasi di industri tergolong dalam pemisahan padat-cair; pemisahan padat-padat; mengukur ukuran partikel dengan sedimentasi dan operasi-operasi lain seperti perpindahan massa, pencucian dan lain-lain. Didaalam pemisahan padat-cair, padatan dihilangkan dari cairan karena padatan atau cairan memiliki nilai jual atau karena padatan atau cairan ini harus dipisahkan sebelum dibuang. Jika tujuan utama memproduksi padatan yang didapatkan dari lumpur yang memiliki konsentrasi yang tinggi, maka prosesnya disebut thickening (pengendapan). Jika tujuannya menjernihkan cairan, maka prosesnya disebut clarification (penjernihan). Alat-alat yang digunakan pada sedimentasi adalah: 

1. Clarifier : jika yang diinginkan adalah cairan jenuh 
2. Thickener : jika yang diinginkan adalah lumpur / padatannya. 

Pada pemisahan padat-padat, padatan dipisahkan berdasarkan ukuran, densitas, bentuk, atau sifat-sifat yang dimiliki oleh padatan yang lain. Sedimentasi juga menggunakan pemisahan berdasarkan ukuran. Ukuran partikel ditentukan ketinggian dan waktu jatuh partikel menggunakan hukum stoke. Ketika partikel terdapat pada jarak tertentu dari dinding wadah dan jauh dari partikel lainnya maka kejatuhan partikel tidak mempengaruhi partikel, proses itu disebut pengendaan bebas (free settling). Ketika partikel berkumpul atau penuh sesak, partikel menempati bagian bawah atau dasar dan proses itu disebut pengendapan tidak bebas (hindered settling).

Share it:

Energy & Water

Engineering

Post A Comment:

0 comments: