Fungsi Amine Unite dalam Produksi Gas Alam

Share it:
Anime absorber 
Amine unite merupakan unit sistem yang berfungsi untuk mengurangi kandungan H2S dan CO2 dari gas alam. Menggunakan prinsip kerja absorbsi, pelarut yang digunakan akan menarik kandungan CO2 dan H2S dalam gas alam. Pelarut yang biasa digunakan seperti, Monoethanolamine (MEA), Diethanolamine (DEA), Methyldiethanolamine (MDEA), Diisopropylamine (DIPA) dan Aminoethoxyethanol (diglycolamine) (DGA).


1. Amine Absorber
Amine absorber menggunakan aliran counter-current melalui tray dan packed tower utntuk mencampur antara larutan amine dengan sour gas. Biasanya digunakan diameter menara yang kecil menggunakan stainless steel packing. Sementara itu menara yang lebih besar menggunakan stainless steel trays. Sistem amine absorber berdasarkan perbedaan konsentrasi dan loadings.jumlah tray yang digunakan sebanyak 20 sampai 24 tray. Prinsip kerja adalah aliran sour gas masuk dari bawah dan mengalir keatas melalui bubble cap dan metering yang tersusun secara seri, sementara cairan kimia MDEA mengalir dari atas kebawah sehingga memungkinkan terjadinya ‘ intimate contact ‘yang kemudian terjadi reaksi antara lean amine solution dengan H2S dan CO2. Reaksi absorbsi menjadikan sour gas bersih dari unsur gas asam (H2S dan CO2) sweet gas mengalir keatas meninggalkan amine contactor menuju sweet gas scrubber yang.

2. Flash Tank
Rich amine dari absorber yang dikirim ke separator berfungsi untuk menghilangkan kandungan hydrocarbon dalam amine. Presentasi kecil dari gas asam yang juga akan di flash saat tekanan berkurang. Bagaimanapun sejumlah kecil hydrocarbon cair tersebut akan tertinggal dalam separator. Karena itu penanggulangan harus dibuat untuk menghilangkan hydrocarbon cair tersebut. Silinder horizontal dengan tekanan yang rendah, sehingga memungkinkan terjadinya gas yang terlarut. Pada unit amine proses disebut Rich Amine Flash Tank dan berfungsi untuk melepaskan atau membersihkan hidrokarbon yang terikut dalam rich amine.

3. Amine Reboiler
Reboiler sebagai penyedia masukan panas untuk amine stripper, yang dapat membalikan reaksi kimia dari gas asam. Amine reboiler dapat berupa kettle reboiler atau indirect fired heater. heat duty dari amine reboiler bervariasi sesuai dengan desain sistem. Semakin tinggi duty kondensor, semakin tinggi juga rasio refluks dan dengan demikian menurunkan jumlah tray yang dibutuhkan. Semakin rendah duty reboiler, maka semakin rendah rasio refluks yang akan membutuhkan lebih banyak tray dalam menara.

4. Amine Stripper
Amine stripper menggunakan panas dan uap untuk membalikkan reaksi kimia dengan C2O dan H2S. uap bertindak sebagai gas stripping untuk menghilangkan CO2 dan H2S dari larutan cair. Stripper adalah sebuah menara tray yang biasanya digunakan untuk kolom berdiameter kecil. Biasanya stripper terdiri dari sebuah menara yang beroperasi pada tekanan 10-20 psig dengan 20 tray, reboiler, dan sebuah kondensor overhead. Masukan rich amine dari tray ketiga atau keempat dari atas kolom, lean amine dihilangkan dibagian bawah gas stripper dan acid gas dihilangakan dibagian atas.
Share it:

Equipment

Post A Comment:

0 comments: