Magnesium Silikat sebagai Adsorben

Share it:
Hidrat magnesium silikat atau dikenal dengan nama komersial talk (talcum), terdiri dari variasi suatu kumpulan mineral seperti alpha-quartz, kalsit, klorit, dolomit, magnesit dan phlogopit. Rumus kimia dari hidrat magnesium silikat adalah Mg3(Si4O10)(OH)2. Hidrat magnesium silikat mengandung lapisan penting berupa magnesium yang terselip diantara dua lapisan silika. Ketiga lapisan ini melekat satu sama lain karena adanya gaya Van der Waal's lemah yang mengakibatkan hidrat magnesium silikat terasa lembut dan licin.

Hidrat magnesium silikat mempunyai variasi dalam warna, tetapi umumnya berwarna putih, abu-abu atau hijau. Karakteristik hidrat magnesium silikat lainnya yaitu tekstur yang lembut, kilauan seperti mutiara dan berminyak, serta pengadsorb minyak dan lemak. Karakteristik utama hidrat magnesium silikat adalah permukaannya yang bersifat hidrofobik (tidak menarik air) dan pinggiran yang bersifat hidrofilik, walaupun begitu hidrat magnesium silikat efektif sebagai adsorben untuk zat organik dan biasanya digunakan dalam bentuk bubuk. Permukaan hidrat magnesium silikat yang hidrofobik mempunyai daya tarik menarik dengan bahan organik, sedangkan pinggiran hidrat magnesium silikat yang hidrofilik dapat dengan mudah terdispersi dalam air.

Permukaan hidrat magnesium silikat yang bersifat hidrofobik mengontrol kandungan kotoran bahan organik yang terdapat pada minyak dengan cara menarik kotoran tersebut yang juga bersifat hidrofobik ke dalam suatu lapisan film, sehingga bahan pengotor dapat bereaksi dan membentuk gumpalan dengan partikel bahan pengotor lainnya. Komposisi hidrat magnesium silikat diantaranya SiO2 sebanyak 63.4%, MgO 31.0% dan H2O 4.7%.

Bidang permukaan spesifik partikel hidrat magnesium silikat yang besar yaitu 15 mm memberikan kesempatan kepada bahan organik untuk beradsorpsi. Suatu usaha untuk mengefektifkan penggunaan hidrat magnesium silikat adalah dengan menggunakan hidrat magnesium silikat yang murni. Kotoran yang terdapat pada hidrat magnesium silikat akan mengurangi daya tarik permukaan dengan bahan organik.
Share it:

Engineering

Post A Comment:

0 comments: