Free Water Knock-Out Tank

Share it:


Free water knock-out tank berfungsi untuk memisahkan air dan emulsi. Air yang telah terpisahkan dari emulsi disebut free water. Ketika cairan produksi sudah mencapai tangki free water knock-out, cairan tersebut sudah mengalami proses degassing dan berada dalam batas temperature antara 185 – 200 0F. tiga fase akan dipisahkan di tangki free water knock-out. Pertama, emulsi air-minyak yang relative ringan (20-40 % BS&W) akan mengapung ke atas. Kedua adalah padatan akan mengendap di dasar dan yang ketiga adalah air. Pemisahan dari ketiga unsur diatas terjadi karena adanya perbedaan berat jenis (density).

Waktu yang dibutuhkan untuk memisahkan produk cairan sewaktu berada di dalam tangki yang berbeda berat jenisnya pada kondisi statis (tenang) disebut settling time, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk memisahkan produk cairan sejak dari inlet sampai outlet pada saat kondisi dinamis (bergerak) disebut retention time. Retention time itu sangat dipengaruhi oleh jumlah fluida yang masuk ke tangki dengan kapasitas tangki.

Tangki free water knock-out mempunyai beberapa sand pan yang tersebar di bagian dasar tangki. Sand pan berfungsi untuk mengeluarkan pasir yang telah menumpuk di dasar tangki. Pan-pan ini tidak dapat menghilangkan seluruh pasir di tangki, tetapi setidaknya pekerjaan draining harus tetap dilakukan. pekerjaan draining sangat mempengaruhi retention time antara waktu pembersihan tangki ke pembersihan berikutnya. Karena semakin tinggi tumpukan pasir atau solid didalam tangki akan mengurangi ruang tangki. Pengurangan ruang tangki berarti pengurangan retention time.

Share it:

Equipment

Post A Comment:

1 comments: